PEMANFAATAN E-BOOK KONSEP ASAM BASA DALAM PEMBELAJARAN KIMIA UNTUK MENINGKATKAN LITERASI KIMIA SISWA SMA KELAS XI

Rd. Nia Elisa Yulianti, Anna Permanasari, Leny Heliawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi tentang pemanfaatan e-book dalam meningkatkan literasi kimia siswa pada materi asam basa. Dalam penelitian ini digunakan metode pre-eksperimen dengan pre-post test design, disertai dengan analisis deskriptif tentang literasi sains siswa dikaitkan dengan penggunaan e-book sebagai bahan ajar. Subyek penelitian terdiri dari 38 siswa kelas XI dari satu SMA di daerah Bogor, Jawa Barat, dan 3 guru kimia. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari tes literasi dan angket respon siswa serta guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan e-book asam basa dapat meningkatkan minat siswa yang dibuktikan dari hasil tanggapan siswa. Hampir semua siswa menyatakan sangat menyenangi e-book, dan merasakan manfaatnya dalam belajar asam-basa, Guru juga memberikan respon yang sangat baik, 87% guru menyatakan bahwa e-book asam-basa sangat memudahkan guru dalam pembelajaran sebagai sumber belajar alternatif. Hasil penelitian lebih lanjut menunjukkan bahwa pemanfaatan e-book dapat meingkatkan literasi sains siswa, dengan peningkatan (Ngain) sebesar 40,2% (kategori sedang).


Keywords


E-book, asam basa, literasi kimia

References


Adisendjaja, Y, H. (2007). Analisis Buku Ajar Biologi SMA Kelas X SMA Kelas X di Kota Bandung Berdasarkan Literasi Sains. Jurnal Pendidikan Biologi

Alismail, H, A. McGuire, P. (2015). 21st Century Standards and Curriculum: Current Research and Practice. Journal of Education and Practice.

Cardellini. (2012). Chemistry: Why the Subject is difficult?. Universidad Nacional Autonama de Mexico. Educ Quim, 242

Depdiknas. (2006). Panduan Pengembangan Pembelajaran IPA Terpadu. Jakarta: Puskur Balitbang Depdiknas

Depdiknas. (2007). Peraturan Pemerintah Nomor 20 Tahun 2007 tentang Standar Penilaian Pendidikan. Jakarta: Depdiknas

Draper, S. (2008). The three types of kowledge in chemistry. Deparment of Psychology. University of Glasgow

Dockstader, J. (1999). Teachers of the 21st century know the what, why, and how of technology integration. Diakses dari https://thejournal.com/Articles/1999/01/01/Teachers-of-the-21st-Century-Know-the-What-Why-and-How-of-Technology-Integration.aspx

Hake, R. R. 1999. Analyzing Change/ Gain Score. American Educational Research Methodology.

Holbrook, J. Rannikmae. M. (2009). The Meaning of Scientific Literacy. International Journal of Environmental & Science Education, 4.

Laugksch, R.,C. (1999). Scientific Literacy: A Conceptual Overview. University of Cape Town: School of Education

Turiman, P. Omar, J. Daud, A. & Osman, K. (2012). Fostering the 21st Century Skills through Scientific Literacy and Science Process Skills. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 59

Vassiliou, R. J. (2008). Progressing the definition of “e-book”. Journal of Libraries and Information Science.


Full Text: PDF

DOI: 10.33751/jsep.v3i1.1378

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2019 JOURNAL OF SCIENCE EDUCATION AND PRACTICE

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.