ADDITIONAL MENU
MENINGKATKAN LITERASI SAINS SISWA KELAS 7 MELALUI PEMBELAJARAN INKUIRI MENGGUNAKAN BAHAN AJAR BERBASIS PROYEK PADA MATERI ENERGI
Abstract
Keywords
References
Abdi, A. (2014). The Effect of Inquiry-based Learning Method on Students Academic Achievement in Science Course. Universal Journal of Educational Research, 2(1): 37-41 Anni, C.T. (2004). Psikologi Belajar. Semarang: UNNES. Ardianto, D dan Rubini, B. 2014. Analisis Literasi Sains Sisiwa di Kota Bogor. Research Report. Bogor: Pascasarjana Universitas Pakuan. Budiningsih, T.Y. Rusilowati, A. Marwoto P. (2015). Pengembangan Buku Ajar IPA Terpadu Berorientasi Literasi Sains Materi Energi Dan Suhu. Tesis. Program Pascasarjana: Universitas Negeri Semarang. Garthwaite, K., France, B., Ward, G. (2014). The Complexity of Scientific Literacy: The development and use o data analysis matrix. International Journal of Science Education, 36(10), 1568-1567. Iswadi, Hazrul. (2015). Sekelumit dari Hasil PISA 2015 yang Baru dirilis. Diakses dari http://www.ubaya.ac.id/2014/content/articles_detail/230/ Sekelumit-Dari-Hasil-PISA-2015-Yang-Baru-Dirilis.html.
Kemendikbud. 2016. Peringkat dan Capaian PISA Indonesia Mengalami Peningkatan. Diakses dari https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2016/12/peringkat-dan-capaianpisa-indonesia-mengalami-peningkatan.
Kurnia, Zulherman & Fathurohman. (2014). Analisis Bahan Ajar Fisika SMA Kelas XI di Kecamatan Indralaya Utara Berdasarkan Kategori Literasi Sains. Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika, 1(1), 43-47. Lahadisi. (2014). Inkuiri: Sebuah Strategi Menuju Pembelajaran Bermakna. Jurnal Al-Tadib, 7(2). Latip, A & Permanasari, A. (2015). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Berbasis Literasi Sains untuk Siswa Smp Pada Tema Teknologi. Jurnal Edusains. Diakses dari http://journal.uinjkt.ac.id/index.php/edusains Meidawati, Yenni. (2014). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP. Jurnal Pendidikan dan Keguruan, 1(2) OECD. (2013). What students know and can do student performance in mathematics, reading and science (volume 1). Diakses dari http://www.oecd.org/ pisa/keyfindings/pisa-2012-results-volume-I.pdf Permanasari, A. (2011). Pembelajaran Sains: Wahana potensial untuk membelajarkan soft skill dan karakter. Seminar nasional pendidikan IPA di Universitas Lampung. Permendikbud. (2013). Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Prastowo, A. (2012). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: DIVA Press. Sadler, T.D dan Zeidler, D.L. (2009). Scientific Literacy, PISA, and Socioscientific Discourse: Asessment for Progressive Aims of Science Education. Journal of science Teaching, 1(1), 1-13. Sugiyono. (2005). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta. Supriyati, Y & Sri, A.W. (2007). Strategi Pembelajaran Fisika.Jakarta. Universitas Terbuka. Weaver, G., Russell, C., & Wink, D. (2008). Inquiry-based and research-based laboratory pedagogies in undergraduate science. Nature Chemical Biology, 4(10), 577-580. Wicaksono, I. (2014). Pengembangan Modul Ipa Berbasis Proyek Untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Dan Hasil Belajar Siswa Smp. Tesis. Program Pascasarjana: Universitas Negeri Yogyakarta. Witte, D. dan Beers, K. 2003. Testing Of Chemical Literacy (Chemistry In Context In Dutch National Examination). Chemical Education International Journal. 4(1), 1-3 Zain, N.H. (2013). Pengembangan Komik Bahan Ajar IPA terpadu Kelas VIII SMP Pada Tema Sistem Pencernaan Manusia dan Hubungannya dengan Kesehatan. Skripsi Program Studi Pendidikan IPA. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Semarang.
Zubaidah, S. (2016). Keterampilan Abad Ke-21: Keterampilan Yang Diajarkan Melalui Pembelajaran. Universitas Negeri Malang.
DOI: 10.33751/jsep.v2i2.1393 Abstract views : 782 views : 501
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 JSEP (Journal of Science Education and Practice)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.