ADDITIONAL MENU
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DAN BRAINSTORMING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH KESEHATAN LINGKUNGAN
Abstract
Abstrak: Kualitas lingkungan hidup yang semakin menurun telah mengancam kelangsungan perikehidupan manusia dan makhluk hidup lainnya, serta pemanasan global yang semakin meningkat yang mengakibatkan perubahan iklim dan hal ini akan memperparah penurunan kualitas lingkungan hidup. Pendidikan tinggi berperan dalam peningkatan pemahaman dan perubahan perilaku yang lebih bertanggung jawab di kalangan mahasiswa terhadap lingkungan hidup. Diperlukan suatu strategi dan pendekatan yang dituangkan ke dalam model pembelajaran yang dirasa efektif dalam rangka memecahkan masalah mahasiswa dalam kepekaannya terhadap lingkungan. Model pembelajaran Problem Based Learning dan Brainstorming diharapkan dapat meningkatkan kompetensi dan keterampilan mahasiswa dengan cara menghimpun berbagai gagasan, pendapat, informasi, pengetahuan, dan pengalaman, serta membuat mahasiswa mahir dan memiliki kecakapan dalam memecahkan masalah lingkungan. Penelitian ini merupakan Classroom Action Research yang bertujuan untuk menemukan cara belajar yang lebih kreatif dan inovatif, meningkatkan motivasi belajar, mencari pemecahan masalah kesehatan lingkungan dan mengaitkannya dengan kehidupan sehari-hari. Penelitian dilakukan di Program Studi Pendidikan Biologi di salah satu LPTK Swasta Kota Bogor. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan antusiasme pada siklus I sebesar 73 % menjadi 84% pada siklus II. Kemampuan memecahkan masalah kesehatan lingkungan pada siklus I dengan nilai rata-rata 77,63 dan prosentase ketuntasan 63,33% bertambah pada siklus II dengan nilai rata-rata 84,85 dan prosentase ketuntasan 86,67%.
Kata Kunci: Problem Based Learning, Brainstorming, Kemampuan Memecahkan Masalah
References
Abin, S.M. 2004. Psikologi Kependidikan Perangkat Sistem Pengajaran Modul. Bandung: Rosda Karya
Arifin, A. 2004. Pembelajaran Kontekstual. Bandung: Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan
Dahar, R.W. 1996. Teori-teori Belajar. Jakarta : Erlangga
Hamalik, O. 2010. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara
Hamzah, B.U. 2007. Model Pembelajaran (Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif). Jakarta : PT. Bumi Aksara
Jalaludin, R. 2007. Psikologi Komunikasi. Bandung: Rosda Karya
Lasmadi, A. 2005. Pemecahan Masalah Secara Analitis dan Kreatif. Jakarta
Mulyanto. 2007. Ilmu Lingkungan. Yogyakarta: Graha Ilmu
Mulyasa, E. 2007. Menjadi Guru Profesional (Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan). Bandung : PT. Remaja Rosda Karya
Nasution. 1982. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara
Ngalim. 2005. Pemecahan Masalah Secara Analitis dan Kreatif. Jakarta
Rochyadi, Y. 2004. Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching and Learning). Jakarta: PT. Rineka Cipta
Rose., Collin & Nicholl. 2002. Cara Belajar Cepat Abad XXI. Bandung: Nuansa
Rusman. 2012. Model-model Pembelajaran. Depok: Raja Grafindo Persada
Sagala, S. 2006. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: CV Alfabeta
Sanjaya, W. 2006. Strategi Pembelajaran (Berorientasi Standar Proses Pendidikan). Jakarta : Prenada Media Group
Sastrawijaya, T. 2009. Pencemaran Lingkungan. Jakarta: Rineka Cipta
Setiabudi, G. 2004. Contextual teching and Learning. Bogor: Makalah Inhouse Training
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta
Sriyono. 1992. Teknik Belajar Mengajar dalam CBSA. PT. Jakarta: Rineka Cipta
Sumardi. 1994. Beberapa Kebijakan dan Upaya dalam Melestarikan Lingkungan Hidup. Wawasan Tri Dharma, 5
Tirtarahardja., Umar & Sulo. La. S. L. 2005. Pengantar Pendidikan. Jakarta: PT. Rineka Cipta
Trianto. 2009. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivisme. Jakarta: Prestasi Pustaka,
Wardana, W.A. 2004. Dampak Pencemaran Lingkungan. Yogyakarta: ANDI
DOI: 10.33751/jsep.v1i1.380 Abstract views : 1150 views : 562
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 JSEP (Journal of Science Education and Practice)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.