PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DAN BRAINSTORMING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH KESEHATAN LINGKUNGAN

Rita Istiana, Muhammad Taufik Awaludin

Abstract


Abstrak: Kualitas lingkungan hidup yang semakin menurun telah mengancam kelangsungan perikehidupan manusia dan makhluk hidup lainnya, serta pemanasan global yang semakin meningkat yang mengakibatkan perubahan iklim dan hal ini akan memperparah penurunan kualitas lingkungan hidup. Pendidikan tinggi berperan dalam peningkatan pemahaman dan perubahan perilaku yang lebih bertanggung jawab di kalangan mahasiswa terhadap lingkungan hidup. Diperlukan suatu strategi dan pendekatan yang dituangkan ke dalam model pembelajaran yang dirasa efektif dalam rangka memecahkan masalah mahasiswa dalam kepekaannya terhadap lingkungan. Model pembelajaran Problem Based Learning dan Brainstorming diharapkan dapat meningkatkan kompetensi dan keterampilan mahasiswa dengan cara menghimpun berbagai gagasan, pendapat, informasi, pengetahuan, dan pengalaman, serta membuat mahasiswa mahir dan memiliki kecakapan dalam memecahkan masalah lingkungan. Penelitian ini merupakan Classroom Action Research yang bertujuan untuk menemukan cara belajar yang lebih kreatif dan inovatif, meningkatkan motivasi belajar, mencari pemecahan masalah kesehatan lingkungan dan mengaitkannya dengan kehidupan sehari-hari. Penelitian dilakukan di Program Studi Pendidikan Biologi di salah satu LPTK Swasta Kota Bogor. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan antusiasme pada siklus I sebesar 73 % menjadi 84% pada siklus II. Kemampuan memecahkan masalah kesehatan lingkungan pada siklus I dengan nilai rata-rata 77,63 dan prosentase ketuntasan 63,33% bertambah pada siklus II dengan nilai rata-rata 84,85 dan prosentase ketuntasan 86,67%.

 

Kata Kunci: Problem Based Learning, Brainstorming, Kemampuan Memecahkan Masalah


References


Abin, S.M. 2004. Psikologi Kependidikan Perangkat Sistem Pengajaran Modul. Bandung: Rosda Karya

Arifin, A. 2004. Pembelajaran Kontekstual. Bandung: Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan

Dahar, R.W. 1996. Teori-teori Belajar. Jakarta : Erlangga

Hamalik, O. 2010. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara

Hamzah, B.U. 2007. Model Pembelajaran (Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif). Jakarta : PT. Bumi Aksara

Jalaludin, R. 2007. Psikologi Komunikasi. Bandung: Rosda Karya

Lasmadi, A. 2005. Pemecahan Masalah Secara Analitis dan Kreatif. Jakarta

Mulyanto. 2007. Ilmu Lingkungan. Yogyakarta: Graha Ilmu

Mulyasa, E. 2007. Menjadi Guru Profesional (Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan). Bandung : PT. Remaja Rosda Karya

Nasution. 1982. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara

Ngalim. 2005. Pemecahan Masalah Secara Analitis dan Kreatif. Jakarta

Rochyadi, Y. 2004. Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching and Learning). Jakarta: PT. Rineka Cipta

Rose., Collin & Nicholl. 2002. Cara Belajar Cepat Abad XXI. Bandung: Nuansa

Rusman. 2012. Model-model Pembelajaran. Depok: Raja Grafindo Persada

Sagala, S. 2006. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: CV Alfabeta

Sanjaya, W. 2006. Strategi Pembelajaran (Berorientasi Standar Proses Pendidikan). Jakarta : Prenada Media Group

Sastrawijaya, T. 2009. Pencemaran Lingkungan. Jakarta: Rineka Cipta

Setiabudi, G. 2004. Contextual teching and Learning. Bogor: Makalah Inhouse Training

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Sriyono. 1992. Teknik Belajar Mengajar dalam CBSA. PT. Jakarta: Rineka Cipta

Sumardi. 1994. Beberapa Kebijakan dan Upaya dalam Melestarikan Lingkungan Hidup. Wawasan Tri Dharma, 5

Tirtarahardja., Umar & Sulo. La. S. L. 2005. Pengantar Pendidikan. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Trianto. 2009. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivisme. Jakarta: Prestasi Pustaka,

Wardana, W.A. 2004. Dampak Pencemaran Lingkungan. Yogyakarta: ANDI


Full Text: PDF

DOI: 10.33751/jsep.v1i1.380 Abstract views : 963 views : 519

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2019 JSEP (Journal of Science Education and Practice)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.