IDEOLOGI PANCASILA SUATU REFLEKSI DAN PROYEKSI AKAR KEBANGSAAN INDONESIA DALAM PERSPEKTIF ALIRAN FILSAFAT HUKUM SOCIOLOGICAL JURISPRUDENCE

Iwan Darmawan, Roby Satya Nugraha

Abstract


Abstrak

 

Tujuan untuk dilakukannya penelitian ini ialah untuk menjabarkan bahwa Pancasila sebagai ideologi bangsa Indonesia, pada hakikatnya adalah suatu refleksi kebangsaan Indonesia, yang terlahir dari bangsa yang memiliki kegemilangan di masa lampau dan menjadi pusaka bagi generasi selanjutnya sepanjang masa. Pancasila sebagai ideologi bangsa Indonesia mengandung makna yang holistik dan mendalam, tidak hanya sebagai dasar atau landasan dari bangsa dan negara Indonesia, tetapi lebih jauh dari itu ideologi bangsa Indonesia pada hakikatnya adalah tujuan hakiki dari bangsa yang memiliki berbagai dimensi untuk mencapai tujuan yang paripurna. Metode yang dipakai dalam penelitian ini ialah dengan pendekatan yuridis normatif ditujukan pada penelitian kepustakaan. Tujuan paripurna yang hendak dicapai itu tidak lain yaitu terwujudnya Bangsa dan Negara Indonesia yang adil dan makmur tidak hanya slogan, moto, atau simbolis apalagi suatu mimpi yang tak bertepi sehingga menjadi ilusi, tetapi tujuan yang memang seharusnya diperjuangkan oleh semua elemen bangsa sebagai suatu keniscayaan.

 

Kata kunci : Ideologi, Pancasila, Bangsa Indonesia.

 

Abstract

 

The purpose of this research is to describe that Pancasila as the ideology of the Indonesian nation is, in essence, a reflection of the Indonesian nationality, which was born from a nation that had glorious past and became an heirloom for future generations throughout the ages. Pancasila as the ideology of the Indonesian nation contains a holistic and deep meaning, not only as the basis or foundation of the Indonesian nation and state, but further than that the ideology of the Indonesian nation is essentially the ultimate goal of a nation that has various dimensions to achieve a plenary goal. The method used in this research is a normative juridical approach aimed at library research. The plenary goal to be achieved is none other than the realization of a just and prosperous Indonesian Nation and State, not only a slogan, motto, or symbol, let alone an endless dream so that it becomes an illusion, but a goal that all elements of the nation should strive for as a necessity.

 

Keywords: Ideology, Pancasila, Indonesian Nation.


References


DAFTAR PUSTAKA

Coedes, George, Asia Tenggara Masa Hindu-Buddha. Jakarta : KPG-Forum Jakarta Paris-Arkenas, 2015.

Djoened, Marwati dan Nugroho Notosusanto. Sejarah Nasional Indonesia II. Jakarta : Departemen Pendidikan dan Kebudayaan-Balai Pustaka, 1984.

Darmodiharjo, Darji dan Sidharta. Pokok-Pokok Filsafat Hukum. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama, 1995.

___________________________.Penjabaran Nilai-Nilai Pancasila dalam Sistem Hukum Indonesia. Jakarta: RajaGrafindo Persada, 1996.

Kaelan, H. Pendidikan Pancasila. Yogyakarta : Penerbit Paradigma, 2000.

Latif, Yudi. Negara Paripurna : Historitas, Rasionalitas, dan Aktualitas Pancasila. Jakarta : Kompas Gramedia, 2011.

___________.â€Relevansi Pancasila dalam Hidup Kekinianâ€. Dalam : Nilai Keindonesiaan : Tiada Bangsa Besar Tanpa Budaya Kokoh. Jakarta : Kompas Media Nusantara, 2017.

Muljana, Slamet. Tafsir Nagara Kretagama. Yogyakarta : LKIS, 2006.

Notonagoro. Pancasila Dasar Falsafah Negara. Jakarta : Bina Aksara, 1984.

Oppenheimer, Stephen. Eden In The East (Surga di Tumur) : Benua Yang Tenggelam di Asia Tenggara dan Sundaland Sebagai Induk Peradaban Dunia. Jakarta; Ufukpres, 2010.

Poespoprodjo, W. Hermeneutika. Bandung : Pustaka Setia, 2004.

Purwadi. Sistem Tata Negara Kerajaan Majapahitâ€. Jurnal Konstitusi, Volume 3 Nomor 4, Desember 2006,

Russell, Bertrand. Sejarah Filsafat Barat. Yogyakarta : Pustaka Pelajar, 2004.

Suwarno, P.J. Pancasila Budaya Bangsa Indonesia : Penelitian Pancasila dengan Pendekatan Historis, Filosofis dan Sosio-Yuridis Kenegaraan. Yogyakarta : Kanisius, 1993.

Sekretariat Jendral MPR-RI. Empat Pilar Kehidupan Berbangsa dan Bernegara. Jakarta : Sekretariat Jendral MPR-RI, 2012.

Tanya, Bernard L. Tanya, Theodorus Yosep Parera, Samuel F. Lena. Pancasila Bingkai Hukum Indonesia. Yogyakarta : Genta Publishing, 2015.

Tobing Elwin. Indonesian Dream : Revitalisasi & Realisasi Pancasila Sebagai Cita-Cita Bangsa. Jakarta : Kompas Media Nusantara, 2018.

Wahjono, Padmo. Indonesia Berdasarkan Atas Hukum. Jakarta : Ghalia Indonesia, 1986.

Wolters, O.T. Kebangkitan & Kejayaan Sriwijaya Abad III-VII. Depok : Komunitas Bambu, 2017.

Wangsa, Nyana dan Kristian. Hermeneutika Pancasila : Orisinalitas & Bahasa Hukum Indonesia. Bandung : Reflika Aditama, 2015.

Zulfa, Eva Achjani. Keadilan Restoratif. Depok : Badan Penerbit FH UI, 2009.


Full Text: PDF

DOI: 10.33751/palar.v7i2.3781 Abstract views : 1319 views : 1038

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 PAKUAN LAW REVIEW

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.