IMPLEMENTASI PROGRAM KEBIJAKAN MBKM UNTUK MENCIPTAKAN KARAKTER MAHASISWA FAKULTAS HUKUM YANG PROFESIONAL
Abstract
Abstrak
Kampus Merdeka memberikan kebijakan Perguruan Tinggi yang bertujuan untuk memberikan hak belajar selama 3 (tiga) semester di luar program studi, adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat kesiapan MBKM di Fakultas Hukum Universitas Pakuan. Mahasiswa memperoleh suatu kemerdekaan belajar di sebuah perguruan tinggi. untuk menganalisis perspektif mahasiswa terhadap MBKM, dampak MBKM terhadap keterampilan abad 21 mahasiswa, serta revelansi program MBKM dengan SDGs. Penelitian ini dilakukan di Universitas Pakuan yaitu tepatnya di Fakultas Hukum, Program Studi Ilmu Hukum. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah survey dengan menggunakan data kuantitatif. Secara umum, fakultas perlu memahami kesiapan mahasiswa untuk terjun langsung ke lapangan kerja. Mahasiswa sendiri pun dapat menentukan kesiapan diri mereka untuk mengimplementasikan ke dunia kerja sebagai bentuk mewujudkan salah satu tujuan dari MBKM ini. Saran yang disampaikan dalam penulisan ini adalah fakultas dapat lebih mensosialisasikan program ini sehingga lebih banyak pula mahasiswa yang sadar tentang penerapan MBKM.
Kata Kunci: Keterampilan Abad 21, Merdeka Belajar, SDGs, Perguruan Tinggi
Abstract
Freedom to learn provides a university policy that aims to provide the right to study for 3 (three) semesters outside the study program, while the purpose of this research is to see the readiness of MBKM at the Faculty of Law, Pakuan University. Students gain an independence to study in a college. to analyze students' perspectives on MBKM, the impact of MBKM on students' 21st century skills, and the relevance of the MBKM program to the SDGs. This research was conducted at Pakuan University, namely the Faculty of Law, Legal Studies Program. The method used in this research is a survey using quantitative data. In general, faculties need to understand the readiness of students to go directly into the workforce. Students themselves can determine their readiness to implement it into the world of work as a form of realizing one of the goals of this MBKM. The suggestion given in this paper is that the faculty can socialize this program more so that more students are aware of the implementation of MBKM.
Keywords: 21st Century Skills, Free Learning, SDGs, Higher Education
References
Daftar Pustaka
Alisjahbana Armida Salsiah, Murningtyas Endah. Tujuan Pembangunan Berkelanjutan Di indonesia: Konsep target dan strategi implementasi. Bandung; Unpad
Press; 2018. ISBN 978-602-439-313-7. http://sdgcenter.unpad.ac.id/wp-content/uploads/2020/04/Tujuan-Pembangunan-Berkelanjutan-SDGs-di-Indonesia_compressed.pdf.
Baharuddin, M. R. (2021). Adaptasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (Fokus: Model MBKM Program Studi). Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, 4 (1). https://e-journal.my.id/jsgp/article/view/591.
Dirjen Dikti Kemendikbud. (2020). Buku Panduan Pelayanan Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka. http://dikti.kemdikbud.go.id/wp-content/uploads/ 2020/05/Buku-Panduan-Merdeka-Belajar-Kampus-Merdeka-2020-1.pdf.
Fatmawati, E. (2020). Dukungan Perpustakaan Dalam Implementasi Kampus Merdeka Dan Merdeka Belajar.†Jurnal Pustaka Ilmiah, 6 (2). https://doi.org/10.20961/ jpi.v6i2.46682.
Ghozali, Imam. 2012. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS. Yogyakarta: Universitas Diponegoro.
Junaidi, Aris dkk. 2021. Buku Panduan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka, Jakarta: Kemendikbud. https://dikti.kemdikbud.go.id/wp-content/uploads/2020/10/ BUKU-PANDUAN-PENYUSUNAN-KURIKULUM-PENDIDIKAN-TINGGI-MBKM.pdf.
Leuwol, N. V., Wula, P., Purba, B., Marzuki, I., Brata, D. P. N., Efendi, M. Y., Masrul, M., Sahri, S., Ahdiyat, M., & Sari, I. N. (2020). Pengembangan Sumber Daya Manusia Perguruan Tinggi: Sebuah Konsep, Fakta dan Gagasan. Medan: Yayasan Kita Menulis.
Muhsin, H. (2021). Kampus Merdeka Di Era New Normal. Dalam: A. Muslihat dkk. Masa Depan Kampus Merdeka & Merdeka Belajar: Sebuah Bunga Rampai Dosen. 143. Bintang Visitama Publisher.
Rodiyah, R. (2021). Implementasi Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka di Era Digital dalam Menciptakan Karakter Mahasiswa Hukum yang Berkarakter dan Profesional. Seminar Nasional Hukum Universitas Negeri Semarang, 7(2), 425-434. https://doi.org/10.15294/snhunnes.v7i2.737.
Saavedra, A. dan Opfer, V., (2012), Teaching and Learning 21st Century Skills: Lessons from the Learning Sciences. A Global Cities Education Network Report. New York, Asia Society.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV.
Sopiansyah Deni, Masruroh Siti, Zaqiah Yuliati Qiqi, Erihadiana Mohamad Erihadiana. Konsep dan Implementasi Kurikulum MBKM. (Merdeka Belajar Kampus Merdeka )Reslaj: Religion Education Social Laa Roiba Journal Volume 4 Nomor 1 (2022) 34-41 P-ISSN 2656-274x E-ISSN 2656-4691. DOI: 10247476/reslaj.v4i1.458. http://journal.laaroiba.ac.id/index.php/reslaj/article/view/458.
Tohir, M. (2020). Buku Panduan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka.
Wijayanto, A. (2021). Implementasi dan Problematika Merdeka Belajar. OSF Preprints. https://doi.org/10.31219/osf.io/yshk6.
Wulandari, Dewi. dkk. (2021). Panduan Program Bantuan Kerjasama Kurikulum dan Implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Jakarta: Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan Dirjen Dikti Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. Diakses dari https://dikti.kemdikbud.go.id/wp-content/uploads /2021/02/ Panduan-Kerjasama-Kurikulum-dan-Implementasi-MBKM-Tahun-2021-Final.pdf.
DOI: 10.33751/palar.v8i1.4805


Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 PAKUAN LAW REVIEW

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.