Aspek Hukum Penerapan Pasal 74 UU Nomor 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas (PT) Dikaitkan Dengan Eksistensi Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) di Lingkungan Badan Usaha Milik Negara Berbadan Hukum Perseroan Terbatas (PT)

Suhermanto Suhermanto

Abstract


Abstrak:

Konsep tanggung jawab sosial dan lingkungan setelah ditelaah dari perspektif teleologis atau segi tujuan, maka tanggung jawab sosial dan lingkungan dapat diidentikkan dengan program kemitraan dan bina lingkungan. Adapun perbedaannya hanya di dalam konteks teknis dan hal inipun masih perlu didukung terbitnya berbagai peraturan perundang-undangan untuk mengatur teknisnya. Disimpulkan bahwa program PKBL sebaiknya terus dijalankan sebagai bentuk interpretasi dari CSR sebagaimana diamanatkan Pasal 74 UU PT 2007.

Kata Kunci: Perseroan Terbatan, Badan Umum Milik Negara, PKBL.


References


Daftar Pustaka

Arief Sidharta, Bernard. Refleksi Tentang Struktur Ilmu Hukum.

Bandung: Mandar Maju, 2000.

Ilmar, Aminuddin. Privatisasi BUMN Di Indonesia. Makassar: Hasannudin University Press, 2004.

Kusumaatmadja, Mochtar. Hukum, Masyarakat dan Pembinaan

Hukum Nasional. Bandung: Bina Cipta, 1974.

Lumbuun, Gayus. Telaah Hukum Atas Ketentuan Corporate Social Responsibility Dalam UUPT. Makalah, Disampaikan Pada Seminar Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Pada Perusahaan Tambang dalam rangka Lustrum XX Universitas Sahid Jakarta, 26 Februari 2008.

Mihradi, R. Muhammad. Dasar-Dasar Menuju Pemahaman Yurisprudensi Peradilan Tata Usaha Negara. Bogor: Divisi Penerbitan Forum Kajian Hukum Fakultas Hukum Universitas Pakuan, 2006.

Yusuf Wibisono. Membedah Konsep dan Aplikasi CSR. Gresik: Fascho, 2007.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.