PENERAPAN PRINSIP GOOD GOVERNANCE DALAM PELAYANAN PUBLIK PADA KANTOR KECAMATAN SOKOBANAH

Faroyhan Vicky Saputra, Agus Supriyo

Abstract


Abstract

The aim of this research is to explain that a country is a region that has a system or rules that apply to every individual. Along with the development of democracy, a policy has also developed which is called good government or what we know as good governance. In terms of good governance, there are several principles for managing good governance, namely transparency, accountability, responsibility, independence and fairness. The existence of several of these principles certainly improves public services. According to Law Number 25 of 2009 concerning Public Services, it is an activity or series of activities in order to fulfill service needs in accordance with statutory regulations for every citizen and resident regarding goods, services and/or administrative services provided by public service providers. Specifically in this case at the Sokobanah District Office, Sampang Regency, the implementation of good governance principles in the Sokobanah subdistrict government has been carried out well but is still experiencing obstacles due to several factors which hinder the implementation of the good governance principles in the Sokobanah subdistrict.

 

Key words: good governance, principles of public service, Sokobanah sub-district

 

Abstrak

Tujuan Penelitian ini ialah untuk menjelaskan bahwa Negara merupakan suatu wilayah yang memiliki suatu sistem atau aturan yang berlaku bagi setiap individu. Seiring dengan berkembangnya demokrasi, juga berkembang sebuah kebijakan yang disebut dengan istilah good government atau yang kita kenal dengan tata pemerintahan yang baik. Dalam istilah good governance ada beberapa prinsip untuk menata pemerintahan yang baik yaitu transparansi, akuntabilitas, responsibilitas, independent dan fairness. Adanya beberapa prinsip-prinsip tersebut tentu untuk meningkatkan pelayanan publik. Menurut Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik adalah kegiatan atau rangkaian kegiatan dalam rangka pemenuhan kebutuhan pelayanan sesuai dengan peraturan perundang-undangan bagi setiap warga negara dan penduduk atas barang, jasa, dan/atau pelayanan administratif yang disediakan oleh penyelenggara pelayanan publik. Khususnya dalam hal ini pada Kantor Kecamatan Sokobanah Kabupaten Sampang bahwa implementasi prinsip good governance pada pemerintah kecamatan sokobanah sudah dilakukan dengan baik namun masih mengalami kendala oleh beberapa faktor yang menjadi penghambat terlaksananya proses pelaksanaan prinsip-prinsip good governance dikecamatan sokobanah.

 

Kata kunci: good governance, prinsip pelayanan publik, kecamatan sokobanah


References


Daftar Pulstaka

A. Bulkul

Amin Widjaja Tulnggal. 2012. Auldit kelculrangan dan akulntansi forelnsic. Jakarta: Harvarindo.

Bambang Sulnggono. 2013. Meltodel Pelnellitian Hulkulm. Jakarta: PT Raja Grafindo Pelrsada.

Joelnaeldi ELfelndi & Johnny Ibrahim. 2016. Meltodel Pelnellitian Hulkulm Normatif dan ELmpiris. Jakarta: Kelncana.

Johan Nasultion. 2008. Meltodel Pelnellitian Ilmul Hulkulm. Bandulng: Mandar Majul.

Mardiasmo. 2009. Akulntansi Selktor Pulblik. Yogyakarta: Andi Yogyakarta.

Moh. Nazir. 1988. Meltodel Pelnellitian. Jakarta: Ghalia Indonelsia.

Mulkti Fajar dan Yullianto Achmad. 2015. Dulalismel Pelnellitian Hulkulm Normatif dan ELmpiris. Yogyakarta: Pulstaka Pellajar.

Soelrjono Soelkanto dan Sri Mamuldji. 2003. Pelnellitian Hulkulm Normatif. Jakarta: Rajawali Pelrs.

Zainulddin. 2016. Meltodel Pelnellitian Hulkulm. Jakarta: Sinar Graika.

B. Julrnal

Abd. Rohman, dkk. 2019. “Pelnelrapan Prinsip-Prinsip Good Govelrnancel Dalam Melningkatkan Kulalitas Pellayanan Pulblik”, Julrnal Relformasi. ISSN 2088-7469 (Papelr) ISSN 2407-6864 (Onlinel). Volulmel 9 Nomor 2. DOI: http://dx.doi.org/10.33366/rfr.v9i2.1469

Afrial, R. 2009 “Kulalitas Pellayanan Pulblik Kelcamatan Selbulah Pelrulbahan Kelduldulkan dan Fulngsi Camat Selbagai Pelrangkat Daelrah,” Julrnal Administrasi dan Organisasi.

Akaduln. 2007. Good Govelrnancel. Julrnal Sosiohulmaniora. Vol. 9 No 1, 37-47.

Andi Ni’mah Sullfiani. 2021. “Pelnelrapan Prinsip-Prinsip Good Govelrnancel Dalam Pellayanan BPJS Kelselhatan Di Kota Palopo”. Julrnal Administrasi Pulblik”. Volulmel XVII (1) 2021: 95-116 P-ISSN: 1858-2168, EL-ISSN: 2621-251X doi: 10.52316/jap.v17i1.59.

Diah Woro Ayulningtyas. 2020. “Pelnelrapan Good Govelrnancel Dalam Melningkatkan Pellayanan Pulblik Kelimigrasian”. Julrnal Jaid. Vol 2 No 1.

Mackelnziel, W.J.M. 1951. ”Thel Stuldy of Pulblic Administration in thel ULniteld Statels”, Pulblic Administration, Volulmel 29, Issulel 2. https://doi.org/10.111/j.1467- 9299.1951.tb01401.x

Mulhammad Amirull Haq Mulis. 2014. Analisis Implelmelntasi Good Govelrnancel Dalam Pellayanan Pulblik di Kelcamatan Panakulkkang Kota Makassar. Julrnal Ilmul Pelmelrintahan. Volulmel 7 Nomor 2.

Mohammad, 2003. “Kulalitas Pellayanan Masyarakat: Konselp dan Implelmelntasinya,” Julrnal Administrasi Nelgara, Vol. 5, No. 1.

Ratna Ani Lelstari, “PELLAYANAN PULBLIK DALAM GOOD GOVELRNANCEL”. Julrnal Ilmul Sosial dan Ilmul Politik (Julispol) Vol.2 No.1.

Welnny A Dulngga. 2017. Pelnelrapan Prinsip Good Govelrnancel Dalam Tata Kellola Pelmelrintahan Delsa di Kelcamatan Tellaga Jaya Kabulpateln Gorontalo. Julrnal Ilmiah Hulkulm. Volulmel 11 Nomor 1.

C. Pelrulndang-ULndangan

ULUL No 25 Tahuln 2009 Pasal 1 Ayat (1) telntang Pellayanan Pulblik.

Pelratulran Pelmelrintah No 101 Tahuln 2000 telntang Pelratulran Pelmelrintah Telntang Pelndidikan Dan Pellatihan Jabatan Pelgawai Nelgelri Sipil.


Full Text: PDF

DOI: 10.33751/palar.v10i2.9740 Abstract views : 28 views : 16

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 PALAR (Pakuan Law review)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.