ANALISIS BRAND IMAGE TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN Survei Konsumen di Kota Bogor
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis setiap elemen citra
merek dalam mempengaruhi tingkat kepuasan pelanggan. Citra merek
(brand image) merupakan cara masyarakat atau konsumen menilai suatu
merek berdasarkan atribut-atribut atau manfaat-manfaat yang
dibayangkannya atau dirasakannya dan hasil dari penilaian tersebut
adalah persepsi yang membentuk suatu citra dibenak mereka. Kepuasan
pelanggan merupakan tingkat perasaan seseorang setelah
membandingkan antara kinerja yang dirasakannya dengan harapanharapannya mengenai suatu objek.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa susu bubuk instan
Dancow memiliki citra baik atau positif dibenak pelanggan dan
pelanggan merasa puas. Pengaruh citra merek terhadap kepuasan
pelanggan, dinyatakan dalam fungsi Y = 32.487+0.873X, dimana hasil ini
memberikan arti jika citra merek meningkat satu satuan maka kepuasan
pelanggan akan meningkat 0.783 satuan.
Implikasi dari penelitian ini menekankan pentingnya perusahaan
dan dunia marketing untuk membangun kesan positif citra merek suatu
komoditas, karena memiliki keeratan hubungan yang positif dan kuat
(r=0.8296). Dari koefisien determinasi (R2=0.6883) menunjuakan bahwa
citra merek memberikan konstribusi sebesar 68.83 persen dalam
menciptakan kepuasan pelanggan dan sisanya sebesar 31,17 persen
dipengaruhi oleh faktor lain seperti; Persepsi Kualitas, Loyalitas Merek,
dan isi slogan dari susu bubuk instan Dancow.
Kata Kunci: Citra Merek, Kepuasan Pelanggan
References
DAFTAR PUSTAKA
Amstrong. Gery. et al. 2000. Marketing; an introduction edition. Prentice
Hall. inc Jersey
Boyd, Harper. W, et al. 2001. Suatu Pengantar Pendekatan Strategi dengan
Orientasi Global, edisi ke-2, Jilid 1 . Erlangga. Jakarta.
Daniel, Mc. Cart. Roger Gates. 2001. Riset Pemasaran Kontenporer. Salemba
empat. Jakarta .
Darmadi Durianto, Sugiarto, Toni Sitinjak.2001. Strategi Manaklukan Pasr
Melalui Riset Equitas dan Perilaku Merek. PT. Gramedia Pustaka
Utama. Jakarta
Fandy. Tjiptono. 1997. Strategi Pemasaran. Andi. Yogyakarta Google,
www. Combiphar.com
Fandy. Tjiptono. 2004. Pemasaran Jasa. Edisi Pertama Bayu Media
Publishing. Malang. Jawa Timur.
Fredy, Rangkuti. 2003 . Meansuring Customer satisfaction ; Giding Customer
Relationt Ship Strategic; Teknik dan Strategi Meningkatkan
Kepuasan Pelanggan dan Analisis Kasus pada PLN c-JP.
PT.Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.
Hill. Mc. Graw. 2004. Marketing management; Knowledge and Skills.
International Edition ISBN. Nort America.
Kotler. Philip. 1997. Manajemen Pemasaran ; Marketing Manajemen 9e.
Prentice Hall. Inc.
Kotrler, Philip. 2005. Manajemen Pemasaran. edisi kesebelas, Jilid 1. PT.
Indeks Kelompok Gramedia.
Nugroho. J. Setiadi. 2003. Perilaku Konsumen; Konsep dan Implementasi
Strategi dan Penelitian Pemasaran Edisi Pertama. Prenanda
Media. Bandung.
Peter, Paul. J . and Olson C. Jery. 2000. Consumer Behavior; Perilaku
Konsumen dan Startegi Pemasaran. Edisi 4, Jilid 2 . Erlangga,
Ciracas. Jakarta.
Sciffman, G. Leon, Leslie Lazar Kanuk. 2004. Consumer Behavior. Eight
edition Pearson prentice hall.
Simamora, Bilson. 2002. Panduan Riset Perilaku Konsumen, PT. Gramedia
Pustaka Utama. Jakarta.
Solomon. R. Michael. 2004. Consumer Behavior, Buying, Having, and Boing.
International edition. Sixth edition. Pearson education. Inc. uper
saddle, New Jersey.
DOI: 10.34203/jimfe.v2i1.697
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 JIMFE (Jurnal Ilmiah Manajemen Fakultas Ekonomi)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.