STUDI KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN BERDASARKAN LOYALITAS MEREK

Herdiyana herdiyana, Patar Simamora

Abstract


ABSTRAK
Loyalitas merek merupakan suatu konsep yang sangat penting,
khususnya pada kondisi pasar dengan tingkat pertumbuhan yang sangat
rendah, namun tingkat persaingannya sangat ketat saat ini. Sehingga
keberadaan konsumen yang loyal pada merek sangat dibutuhkan agar
perusahaan dapat bertahan dalam dunia bisnis. Keputusan pembelian
merupakan sutu pemilihan tindakan dari dua atau lebih pilihan alternatif
yang didapatkan untuk membeli atau tidak membeli, maka dengan
kondisi seperti ni konsumen berada pada posisi untuk membuat suatu
keputusan.
Hasil analisis regresi menghasilkan persamaan Y = 32,428 +
0,682X, dimana hasil ini dapat diartikan, jika nilai loyalitas merek adalah
1 maka keputusan pembelian akan meningkat sebesar 0,682. Sedangkan
koefisien korelasi antar kedua variabel adalah 0,829 yang berarti bahwa
terjadi hubungan yang kuat dan positif antara loyalitas merek dengan
keputusan pembelian konsumen. Dari hasil perhitungan koefisien
determinasi, dapat diketahui bahwa loyalitas merek memilki kontribusi
sebesar 68,72% dalam mempengaruhi keputusan pembelian konsumen,
dan sisanya sebesar 31,28 dipengaruhi oleh faktor-faktor lainnya yang
dapat mempengaruhi keputusan pembelian konsumen seperti promosi
dan saluran distribusi.
Kata kunci : Loyalitas Merek, Keputusan Pembelian Konsumen.

References


DAFTAR PUSTAKA
Alma Buchari. 2005. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Edisi Revisi,
Bandung, Penerbit CV. ALFABETA.
Boyd, Walker, Mullins, Larreche. 2002. Marketing Management. MC Graw
Hill. New York.
Djaslim Saladin. 2004. Manajemen Pemasaran: Analisis, perencanan,
pelaksanaan, dan Pengendalian. Linda Karya. Bandung.
Fandy. Tjiptono. 1997. Strategi Pemasaran. Andi. Yogyakarta
_______________2005. Brand Management and Strategy. Andi. Yogyakarta
_______________2005. Pemasaran Jasa. Bayu Media Publisling. Malang.
J. Peter Paul, Donnely H. James Jr. 2004. Marketing Management.
Knowledge and Skill. 7 th edition. McGrow-Hill Companies, Inc.
North America.
Jober. David. 2004. Principles and Practice of Marketing. Second Edition. The
Mc Grow Hill. uk
Kotler. Philip. 1998. Manajemen Pemasaran; Marketing Manajemen. Prentice
Hall. Inc
Kotler, Philip and Gary Amstrong. 2000. Marketing; an introduction edition.
Prentice-Hall. Inc., New Jersey
Kotler Philip. 2000. Manajemen Pemasaran Di Indonesia. Salemba empat.
Jakarta.
M. Mursid. 2003. Manajemen Pemasaran. Bumi Angkasa. Jakarta
Nugroho. J. Setiadi. 2003. Perilaku Konsumen; Konsep dan Implementasi
Strategi dan Penelitian Pemasaran Edisi Pertama. Prenanda Media.
Bandung
Peter. J, Jerry C. Olson. 2000. Consumer Behavior; Perilaku Konsumen dan
Strategi pemasaran. Edisi 4. Erlangga. Jakarta
Schiffman, G. Leon, Leslie Lazar Kanuk. 2004. Consumer Behavior. Eight
edition Pearson prentice hall
Sugiono. 2005. Metode Penelitian Bisnis. Alfabeta. Bandung
Solomon. R. Michael. 2004. Consumer Behavior, Buying, Having, and Boing.
International edition. Sixth edition. Pearson education. Inc. uper
saddle, New Jersey
Sutisna. 2003. Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran. PT. Remaja
Rosdakarya. Bandung.


Full Text: PDF

DOI: 10.34203/jimfe.v2i1.698

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 JIMFE (Jurnal Ilmiah Manajemen Fakultas Ekonomi)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.