ANALISIS PERSEPSI TERHADAP TINGKAT LOYALITAS KONSUMEN Studi Kasus pada Surat Kabar Jurnal Bogor

Aksanul Khaq, Siti Maimunah

Abstract


ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana persepsi
konsumen dan sejauhmana peningkatan loyalitas konsumen terhadap
Surat Kabar Jurnal Bogor. Hasil dan pembahasan penelitian menunjukkan
bahwa dari 5 indikator persepsi konsumen yaitu, kemudahan, harga,
tampilan produk, keakuratan berita, dan rubrik berita yang masingmasing indikator terdiri dari 2 pernyataan, bahwa persepsi konsumen
terhadap Surat Kabar Bogor adalah Baik dengan angka penafsiran ratarata 3,74. Sedangkan untuk 5 indikator loyalitas konsumen yaitu, switcher,
habitual buyer, satisfied buyer, likes brand dan committed buyer yang masingmasing terdiri dari 2 pernyataan menunjukkan bahwa konsumen
memiliki loyalitas yang sedang terhadap Surat Kabar Jurnal Bogor
dengan angka penafsiran rata-rata 3,40.
Dari analisis regresi yang diguanakan untuk mengetahui pengaruh
persepsi terhadap tingkat loyalitas konsumen dihasilkan persamaan
regresi yaitu Y = 30,324 + 0,085X dan signifikan pada alpha 5%. Hal ini
menunjukkan bahwa persepsi memiliki pengaruh positif terhadap
peningkatan loyalitas konsumen. Koefisien korelasi antar keduia variabel
adalah 0,667, yang artinya, terdapat hubungan positif dan cukup kuat
antara loyalitas konsumen dengan persepsi konsumen.
Loyalitas konsumen tidak hanya dipengaruhi oleh persepsi
konsumen, namun walaupun hanya sedikit pengaruh persepsi seorang
konsumen terhadap Surat Kabar Jurnal Bogor, pihak Jurnal Bogor harus
tetap membangundan menciptakan persepsi yang baik di mata konsumen
dengan tetap menghasilkan produk pemberitaan yang berkualitas,
terbaim dan up to date.
Keywords : Persepsi. Loyalitas Konsumen

References


DAFTAR PUSTAKA
Armstrong, Gary & Philip Kotler. 2000. Marketing an Introduction. United
States of America. Fifth Edition: Prentice Hall.
Kamus Besar Bahasa Indonesia. 1999. Departemen Pendidikan dan
Kebudayaan. Edisi 2. Balai Pustaka, Jakarta.
Kotler, Philip. 1997. Manajemen Pemasaran: Analisis, Perencanaan,
Implementasi dan Pengendalian. Jilid 1. Edisi Revisi. PT
Prenhallindo, Jakarta.
____________ 1998. Manajemen Pemasaran: Analisis, Perencanaan,
Implementasi dan Pengendalian. Jilid 2. Edisi Revisi. PT
Prenhallindo, Jakarta.
____________ 2004. Manajemen Pemasaran 1. Edisi Millenium. PT Indeks,
Jakarta.
Peter dan Olson. 1996. Customer Behaviour: Perilaku Konsumen dan
Strategi Pemasaran. Edisi Keempat. Erlangga, Jakarta.
Peter, Paul J & James H Donnelly, JR. 2004. Marketing Management
Knowledge and Skills. United State of America, International
Editions: Mc Grawa Hill.
Rangkuti, Freddy. 2003. Riset Pemasaran. PT Gramedia Pustaka Utama,
Jakarta.
Schiffman, Leon G & Leslie Lazar Kanuk. 2000. Consumer Behaviour.
United State of America, Eight Edition : Prentice Hall.
Setiadi, J. Nugroho. 2003. Perilaku Konsumen: Konsep dan Implikasi
untuk Strategi dan Penelitian Pemasaran. Prenada media, Jakarta.
Simamora, Bilson. 2002. Panduan Riset Perilaku Konsumen. PT Gramedia
Pustaka Utama, Jakarta.
______________ 2004. Riset Pemasaran: Falsafah, Teori dan Aplikasi. PT
Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.
Sugiyono. 1998. Metode Penelitian Administrasi. CV Alfabeta, Bandung.
________ 2003. Metode Penelitian Bisnis. CV Alfabeta, Bandung.
Sutisna. 2001. Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran. PT Remaja
Rosdakarya, Bandung.
Tjiptono, Fandy. 2001. Strategi Pemasaran. Edisi Kedua. Andi, Yogyakarta.
Dokumen PT Bogor Ekspres Media (Surat Kabar Jurnal Bogor).


Full Text: PDF

DOI: 10.34203/jimfe.v2i1.701

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 JIMFE (Jurnal Ilmiah Manajemen Fakultas Ekonomi)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.